ridwanali

BiNusian weblog

Database : Karakteristik dan Contoh Kecil

March27

Database adalah kumpulan informasi atau data-data yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil basis data disebut sistem manajemen basis data ( database management system ). Konsepnya sendiri merupakan kumpulan dari catatan-catatan atau dari sumber pengetahuan lainnya. Istilah database mengacu kepada kumpulan dari data-data yang saling berhubungan satu dengan lainnya. Untuk Database Management System sendiri mempunyai arti yaitu perangkat lunak sistem yang memungkinkan para pemakai membuat, memelihara, mengontrol, dan meng-akses basis data dengan cara praktis dan efisien. Database management system itu sendiri terdiri dari ataupun mencakup software – sofware yang menjalankan database, memberikan kemampuan untuk penyimpanan, aksesibilitas, keamanan, maupun kemampuan pem back up an, dan fasilitas lainnya. Database management system atau sistem manajemen database dapat dikatagorikan menjadi :

  • Model database yang tersuport oleh database management system itu sendiri seperti XML
  • Tipe komputer yang tersuport oleh database management system seperti mobile phone
  • Query language(s) yaitu bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data atau mungkin seperti yang kita kenal dengan bahasa pemrgraman seperti SQL atau XQuery

Perangkat lunak basis data banyak digunakan dalam pemrograman seperti MySQL, Oracle, Microsoft Access, dsb. Penggunaan teknologi komputer untuk melakukan proses database memiliki beberapa kelebihan yaitu :

  • Mengurangi redudansi data

Pengurangan data redudansi membuat proses penyimpanan data efektif sehingga menghemat biaya perusahaan untuk investasi teknologi penyimpanan.

  • Meningkatkan integritas data

Dengan adanya integritas data, maka mempermudah proses pengupdatean data, karena pengupdatean sebuah data berlaku untuk semua table yang menggunakan data tersebut.

  • Memudahkan dalam share data dan akses data

Proses administrasi dalam table dilakukan pada satu lokasi yaitu databas server. Dengan demikian proses share data atau akses data dapat berlangsung lebih mudah dan efektif.

  • Mengurangi waktu pengembangan

Dengan sistem database, pengembangan program berlangsung lebih cepat karena perubahan menyangkut data dilakukan melalui server database.

Dalam database, ada berbagai macam struktur data yang perlu dipahami, diantaranya

1.    Karakter, adalah kumpulan bit yang membentuk sebuah byte. Karakter ini dalam bentuk nyatanya dapat merepresentasikan angka, huruf, tanda baca, atau symbol dalam jumlah tunggal. Misalnya : “5”,”a”,”>” dll.

2.    Field, adalah kombinasi dari satu lebih karakter yang membentuk unit data terkecil yang dapat diakses oleh pengguna, misalnya field yang menyatakan nama anggota. Tipe data dari tiap field menentukan tipe data yang dapat ditampung pada sebuah field. Misalnya : teks, angka, tanggal, hyperlink, dll.

3.    Record, adalah kumpulan field yang saling terkait, sedangkan key field merupakan field yang menggambarkan secara unik tiap record yang ada dalam sebuah tabel.

4.    Tabel, adalah kumpulan record yang saling terkait yang disimpan dalam sebuah media penyimpanan, seperti Harddisk, CD, Flashdisk. Misalnya, sebuah tabel murid sekolah dasar yang isinya berisi data dari seluruh record data murid di sekolah itu.

5.    Database, merupakan kumpulan tabel yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga pengguna dapat mengakses, membaca, dan menggunakan informasi yang ada.

Teknologi Database adalah teknologi yang dikembangkan secara khusus untuk mengolah database menjadi lebih efisien, efektif, dan akurat. Teknologi database merupakan aplikasi yang berbasiskan pada web disertai dengan penerapan teknologi terbaru dari Microsoft .NET, yang memungkinkan perusahaan untuk dapat mengakses informasi, menjalankan bisnis dan melakukan hubungan dengan para pelanggan dan rekan bisnis setiap saat dan dimana saja melalui internet.

Teknologi database secara alamiah sangatlah fleksibel dan disertai dengan kemampuan yang tinggi untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan kemudahan untuk melakukan modifikasi/perubahan serta memberikan keyakinan sepenuhnya akan implementasi sistem operasional perusahaan dapat dicapai secara efektif. Contoh teknologi database, yaitu :

  • Data Warehouse

adalah database besar yang digunakan untuk menyimpan dan mengatur data yang dibutuhkan untuk menganalisa transaksi sekarang dan lampau. Dengan adanya data warehouse, manajer dan pengguna dapat mengakses transaksi dan ringkasan transaksi dengan efektif.

  • Web Database

Server database pada mulanya hanya mendukung program internal perusahaan. Melalui website, kegunaan server database diperluas dengan adanya dukungan akses publik. Contohnya adalah transaksi online.

Software Database memberikan solusi tepat yang dapat mencakup seluruh kegiatan bisnis. Dengan software database maka suatu manajemen yang lengkap dan terintegrasi dalam hal perencanaan, barang, produksi dan keunganan, akan memberikan kemampuan kepada perusahaan untuk mengurangi biaya-biaya operasional dan meningkatkan kualitasnya.

Dengan adanya software database maka akan terjadi suatu keterikatan dan integrasi dari fungsi-fungsi penjualan, marketing, dan adanya fasilitas e-commerce yang tersedia ( segala kegiatan transaksi yang dilakukan secara online ), perusahaan akan mampu menunjang dan meningkatkan penjualan, memberikan kepuasan yang lebih kepada para pelanggan sehingga hubungan bisnis yang terjalin semakin baik.

Pengertian Database Bagi Pelaku Bisnis

Database merupakan kumpulan informasi penting yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan secara cepat dan tepat. Buku telepon, Kartu katalog perpustakaan adalah salah satu contoh dari database. Dengan database terkomputerisasi, kita dapat menyimpan banyak informasi dalam waktu singkat.

Pada kesempatan kali ini saya memilih kegiatan penjualan barang-barang atau produk yang dilaksanakan oleh perusahaan minimarket terdekat ( Circle K ). Dari yang saya amati secara langsung, mungkin dapat saya simpulkan bahwa dalam database mereka, data yang dikumpulkan adalah sebagai berikut :

– Tabel Stok barang

tabel yang berisi stok barang yang sudah habis dan yang masih ada

– Tabel barang/produk yang dijual

tabel yang berisi merk-merk barang yang di stok untuk dijual

– Tabel Penjualan barang

tabel yang berisi hasil penjualan setiap harinya

– Tabel Kas masuk dan keluar

tabel yang berisi segala pengeluaran keuangan dan pemasukan dari warung tersebut.

Dalam skala ini database lebih ditekankan untuk membantu mereka dalam aktivitas pencatatan barang maupun aktivitas jual – beli. Walaupun pada kenyataannya kegiatan pencatatan secara manual masih mereka lakukan. Menurut pendapat saya pribadi sebaiknya dari keseluruhan tabel yang mereka gunakan dalam sistem database penjualan produk mereka lebih ditekankan pada stok dan penjualan saja, sehingga tabel barang / produk yang dijual dan tabel kas masuk dan keluar tidak perlu menggunakan database. Database lebih ditumakan pada kegiatan seluruh pencatatan stok barang yang ada untuk mempermudah pencarian barang atau produk dan tabel penjualan barang itu sendiri sehingga tidak terjadi manual error karena sudah terprogram.

Source :

http://rudyharun.blog.binusian.org/2010/09/13/tugas-minggu-5-database/

http://en.wikipedia.org/wiki/Database

posted under Uncategorized

Email will not be published

Website example

Your Comment: