ridwanali

BiNusian weblog

Hardware : Perkembangan dan Spesifikasinya

March6

Sejarah perkembangan komputer hingga saat ini erat kaitannya dengan kemampuan dan kemajuan manusia yang selalu menggunakan akal pikiran dan logika dalam kehidupannya sejak jaman pra sejarah. Pengolahan data telah dilakukan manusia sejak jaman dahulu, berpikir untuk menemukan peralatan – peralatan yang dapat mengolah data lebih cepat. Seiring dengan majunya perkembangan teknologi komputerlah jawabannya. Komputer telah dipakai disemua bidang kehidupan manusia. Alat Komputer sebagai pengolah data mulai dari sederhana hingga sekarang dapat digolongkan dalam empat golongan yaitu alat manual ( manual device ), alat mekanik ( mechanical device ), alat mekanik elektronik ( electro – mechanical device ), dan alat elektronik. Secara luas, komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah melipui: Layar monitor, CPU, Keyboard, Mouse, Speaker, dan Printer yang biasa kita sebut dengan perangkat hardware komputer. Apabila kita berbicara tentang perkembangan hardware sudah tentu hal itu tidak akan jauh dari perkembangan komputer itu sendiri karena perkembangan sejarah komputer mencakup perangkat keras ( hardware ) sebagai salah satu komponennya. Dalam sejarah komputer, ada lima generasi dalam sejarah komputer.

Generasi Pertama

Dilatari dengan adanya perang dunia kedua, negara – negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeskploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Dimulai dengan diselesaikannya komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus pada tahun 1943, Kalkulator elektronik, Electonic Numerical integrator  and Computer ( ENIAC ) yang terdiri dari 18.000 tabung vakum 70.000 resistor dan 5 juta titik solder yang dapat mengkonsumsi daya sebesar 160kW, Electronic Discrete variable Automatic Computer ( EDVAC ) pada pertengahan 1940-an dimana kunci utama arsitekturnya adalah unit pemrosesan sentaral atau yang biasa kita kenal dengan CPU, dan Universal Automatic Computer I ( UNIVAC I ) pada tahun 1951 yang menjadi komersial pertama yang memanfaatkan model CPU yang dikembangkan sebelumnya. Komputer pada generasi ini dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Ciri lain generasi ini adalah penggunaan tube vakum ( yang membuat komputer berukuran sangat besar ) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

Generasi Kedua

Penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi ini. Transistor menggantikan tube vakum dalam komputer yang mengakibatkan ukuran mesin – mesin elektrik berkurang drastis. Penemuan transistor tersebut mulai digunakan pada tahun 1956 dimuali dari komputer bernama Stretch dan LARC. Dengan adanya hal ini kesuksesan di bidang bisnis, universitas, dan di pemerintah telah tercapai pada awal 1960-an dimana komputer mulai dapat diasosiasikan dengan komponen – komponen seperti printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Disinilah industri piranti lunak dan beberapa bahasa pemrograman mulai muncul seperti Common Business-Oriented Language ( COBOL ) dan Formula Translator ( FORTRAN ).

Generasi Ketiga

Dimulai dengan adanya batu kuarsa ( quartz rock ) yang menjadi patokan dikembangkannya sirkuit terintegrasi ( IC ) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Kemudian mulailah ilmuwan menemukan chip yang disebut semikonduktor yang menyebabkan komputer menjadi semakin kecil. Pada generasi ini sistem operasi ( operating system ) mulai digunakan.

Generasi Keempat

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas, mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen – komponen elektrik. Large Scale Integration ( LSI ) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip, Very Large Scale Integration ( VLSI ) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal, Ultra Large Scale Integration yang meningkatkan jumlah hingga jutaan. Chip Intel pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen seperti CPU, memori, kendali input atau output dalam sebuah chip yang sangat kecil. Hal – hal lain yang mulai ditemukan dan digunakan pada generasi ini antara lain: Mikroprosesor, Minikomputer, Program Word Processing dan Spreadsheet, Personal Computer ( PC ) pada tahun 1981 oleh IBM, Apple Macintosh yang bersaing dengan IBM. Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium I, Pentium II, Pentium III, Pentium IV. Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dan sebagainya pada golongan geneasi keempat ini. Jaringan komputer juga mulai digunakan pada generasi ini seperti Local Area Network ( LAN ) atau kabel telepon.

Generasi Kelima

Tahap inilah yang paling sulit didefinisikan karena tahap ini masih sangat muda. Adapun hal – hal yang mungkin dapat diambil contoh atau didefinisikan antara lain: Komputer fiksi HAL 9000 karya Arthur C. Clarke yang berjudul 2001:Space Odyssey yang menampilkan seluruh fungsi komputer, Kemampuan pemrosesan paralel, dan Teknologi superkonduktor.

Itulah penjabaran hardware apabila kita lihat dari sudut perkembangan komputer itu sendiri. Jika kita berbicara tentang hardware – hardware yang berkembang pada saat ini, kita dapa mengenalnya dengan membagi hal tersebut kedalam dua hal yaitu input device dan output device. Dimana input device adalah komponen hardware yang mengijinkan pengguna untuk memasukkan data kedalam sebuah komputer dimana contoh – contohnya antara lain: Keyboard, Mouse, Voice input, Input Gambar. Output device adalah komponen hardware yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data, contohnya antara lain: Monitor, Speaker, Printer, Headset. Perkembangan perangkat hardware tersebut disetiap tahunnya lebih ditekankan kearah penggunan baik dalam hal kegunaan itu sendiri ataupun kemudahan dalam penggunaannya dan keaneka ragaman bentuk atau fitur – fitur.

Spesifikasi Hardware Komputer

Penjabaran saya pada spesifikasi ini lebih ditekankan kepada komponen – komponen hardware yang berada didalam ataupun membentuk komputer itu sendiri dalam artian CPU ( Central Processing Unit ) karena apabila kita menjabarkan secara luas, hal tersebut sudah pasti akan menyangkut input dan output device yang sudah biasa kita pakai ataupun mengenal penjabarannya. Adapun komponen – komponen tersebut antara lain:

– RAM ( Random Access Memory ), yaitu suatu tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tanpa mempedulikan letak data tersebut. Apabila kita berbicara tentang kapasitas RAM itu sendiri seperti contohnya RAM 1 GB, yang dimaksud adalah kemampuan penyimpanan yang mempunyai daya sebesar 1 Gigabyte atau 1000 megabyte. Adapun keterangan – keterangan dalam hal besarnya kapasitas bisa dilihat yang lainnya seperti KB ( Kilobyte ), MB ( Megabyte ), GB ( Gigabyte ), TB ( Terabyte )

– VGA ( Video Graphics Accelerator ), yang berfungsi untuk mengolah data grafis dan ditampilkan dilayar monitor ( salah satu output device )

– Motherboard, yaitu pusat pengendali komputer yang mengatur kerja dari semua komponen yang dipasang

– Sound Card, yaitu sebuah perangkat komputer yang dipergunakan untuk pembangkit suara dalam PC

– Processor, yaitu sebuah Integrated Circuit ( IC ) yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas

– Harddisk 1 GB, yaitu sebuah komponen hardware yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis dimana kemampuan penyimpanan komponen tersebut sebesar 1 Gigabyte

– Power Supply, yaitu perangkat hardware yang digunakan untuk menjadi sumber listrik utama yang digunakan untuk menjalankan seluruh perangkat komputer

Itulah yang dapat saya jabarkan tentang hardware dan spesifikasinya. Adapun referensi – referensi yang saya ambil selain dengan bertukar pikiran dengan teman saya kutip dari:

1. http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer

2. http://id.wikipedia.org/wiki/RAM

3. http://id.wikipedia.org/wiki/Cakram_keras

posted under Uncategorized

Email will not be published

Website example

Your Comment: